Teks Diskusi : Dampak Positif dan Negatif Media Massa Televisi Sebagai Media Sosialisasi


Media masa memiliki peran strategis yang berguna membentuk pola pikir dan tindakan masyarakat. Dan pada era keterbukaan seperti saat ini media menjadi referensi dalam setiap tindakan dan keputusan strategis. Contohnya media televisi (TV) yang sering menayangkan tindakan kriminal dan kekerasan secara tidak langsung telah ikut mereduksi cara pandang dan tindakan masyarakat. Sehingga informasi yang diperoleh mendorong individu (penonton) untuk meniru adegan atau tindakan yang ada di televisi. Dampak positif dari adanya televisi adalah masyarakat dapat memperoleh informasi secara cepat,sehingga pesan informasi yang sama dapat diterima serentak dan sesaat.

Selain itu, televisi mempunyai pengaruh positif seperti merangsang interaksi, dan pertumbuhan mental sosial anak, serta memperluas pengetahuan. Di banyak Negara termasuk Indonesia, televisi juga dimanfaatkan sebagai dampak negatif, contohnya banyaknya penayangan kekerasan dan juga kebanyakan perempuan selalu digambarkan sebagai korban.

Ironisnya di dalam sinetron yang banyak dilihat oleh generasi muda justru lebih menonjolkan adegan perkelahian dan kekerasan. Sehingga permirsa atau penikmat film pun terbawa kemudian berdampak pada sikap dan prilaku sebagaimana dilihat atau ditonton di televsi. Didalam pemberitaan pun banyak stasiun televisi yang menyorot kekerasan, sehingga tayangan dari pemberitaan tersebut juga berdampak pada pola dan tindakan masyarakat, mereka pun meniru adegan atau tindakan kekerasan melalui televisi.

Akibat tayangan kekerasan di televisi, kekerasan di tengah masyarakat pun meningkat. Masyarakat menjadi kecanduan terhadap kekerasan yang dilihat dalam penayangan televisi. Misalnya penayangan acara smack down di televisi yang diyakini telah menyebabkan penyimpangan prilaku anak-anak dalam beberapa kasus ,karena banyak anak-anak yang meniru adegan tersebut.


Lebih baru Terlama

Related Posts

Subscribe Our Newsletter